Selasa, 20 Juni 2017

RELEASE PKM UNJ 2017 PART 2

RELEASE PKM UNJ 2017 PART 2
Oleh : Ida Nuraini/Pendidikan Ekonomi/Kelompok 13

            Ada suatu kutipan yang menggugah dari Ridwan Kamil. “Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki.” Secara langsung, quotes tersebut mengajak pemuda menjadi orang yang selalu berpikir kreatif dan kritis dalam memberi solusi atas segala persoalan bangsa yang semakin kompleks ini. Ya, bukan pemuda yang kerjanya hanya mengomentari dan memaki-maki. Sebab, negeri ini akan tetap seperti yang dilihat jika tak diubah dengan tindakan. Maka, pemuda perlu memahami peran dan jalan juang yang bisa ditempuhnya.
            Inilah salah satu jalan yang dipilih oleh mahasiswa/i UNJ dalam memaksimalkan potensi dan belajar menjadi pemimpin yang siap menyongsong masa depan. Semangat Ramadhan masih terus terasa oleh kami pemuda/i Universitas Negeri Jakarta yang kembali mengikuti rangkaian Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa UNJ 2017, tepatnya PKM UNJ Part 2. Bulan yang suci ini tidak menyurutkan semangat dan langkah para peserta untuk mengikuti PKM UNJ Part 2. Justru, rasa ingin tahu yang besar mengajak kami untuk aktif dalam tiap rangkaian acara.
            PKM UNJ Part 2 ini terdiri dari 2 hari pelaksanaan atau 2 jilid. PKM UNJ 2 Jilid 1 dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juni 2017. PKM UNJ 2 Jilid 2 dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Juni 2017.   
PKM UNJ 2 Jilid 1
            PKM UNJ 2 Jilid 1 yang berlangsung pada Sabtu, 17 Juni 2017 bertempat di Aula Lantai 8, gedung Ki Hajar Dewantara, Kampus A UNJ Rawamangun Muka. Para peserta mulai memasuki ruangan untuk presensi dan persiapan sekitar pukul 08.30 WIB. Selanjutnya, untuk menambah keberkahan acara, maka seperti biasa acara pun dibuka dengan pembacaan tilawah dan saritilawah. Berikut adalah rangakain acaranya.



 
1)      Materi “Manajemen Isu”
Materi ini dibawakan oleh Dr. H. Arya Shandiyudha, S.Sos, M.Sc. Beliau merupakan staff ahli K.1 DPR serta selaku pengamat politik internasional. Materi dimoderatori oleh Ilham Mubarok selaku komandan Green Force 2016. Berikut adalah ringkasan materinya.
·         Ada beberapa gaya organisatoris
-Organisatoris pekerja, fokus pada tupoksi/proker
-Pemikir/thinker
-Organisatoris lobbies
-Organisatoris engineering, ibarat designer organisasi
-Organisatoris selebriti, sadar penampilan
-Organisatoris leader, opinion leader, tampil dengan ide dan bisa meyakinkan orang
·         Manajemen isu tidak lepas dari media. Apa pun latar belakang medianya, kita harus mampu me’leading isu
·         Manajemen isu bukan hanya bicara  tapi bagaimana ide organisasi dikelola dan disampaikan ke publik. Manajemen isu adalah manajemen opini yang sedang terjadi dan berkembang.
·         Agar dikutip oleh media, informasi itu harus :
-Penting, menarik, quotable dan unik
-Ada press release ke media
-Setting agenda media
-Berteman dengan media
-Laporan
·         Wawancara
-Juru bicara tidak boleh kosong sebab media menginginkan tambahan informasi
-Media menginginkan konfirmasi, maka maksimalkan kapasitas
-Media butuh justifikasi tentang opini, maka harus berhati-hati
-Media hendak mengadu pendapat
·         Maka bekal yang perlu dipersiapkan :
-Banyak membaca dan update info terkini
-Scanning dan screening
-Tegaskan pokok ucapan
-Pengaruhi alur
·          8 tema penting lainnya :
1.Pentingnya media massa : media organisasi, media relasi dan networking
2.Debat dan diskusi di parlemen
3.Berdebat mengenai UU
4.Mengembangan kebijakan baru yang melayani publik pemilih (bagaimana suara rakyat)
5. Analisa dan investigasi hal yang menjadi perhatian
6.Memaparkan petisi yang menjadi perhatian kelompok kepentingan
7.Pengelolaaan depil
8.How to deal with people:
   -Bukan dengan media tapi awak media
   -Bukan dengan isu tapi dengan anchor
2)      Post Test
Tes ini berlangsung setelah adanya materi oleh pembicara guna mengetahui sejauh mana pemahaman peserta terkait materi yang telah disampaikan. Tes ini dengan diberikan beberapa pertanyaan yang wajib dijawab secara tertulis oleh tiap peserta.
3)      Presentasi Hasil Kunjungan Kelompok
Setelah materi berlangsung, sebelum istirahat ada presentasi dari kelompok 5 terkait hasil kunjungan ke Kementerian dan ke BEM BSJB. Presentasi baru dilaksanakan oleh kelompok 5 karena waktu yang terbatas sehingga tidak memungkinkan jika semua kelompok dipersilakan pada hari tersebut.

4)      Diskusi Kelompok
Selesai istirahat dan sholat, tibalah saatnya beranjak ke acara selanjutnya. Yaitu, diskusi kelompok terkait beberapa isu dari luar kampus yakni skala nasional. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok secara acak untuk melingkar dan berdiskusi.
-Kelompok 1 : Hak Angket DPR
-Kelompok 2 : Pencabutan Subsidi Tarif Dasar Listrik
-Kelompok 3 : Reklamasi Teluk Jakarta
-Kelompok 4 : Kejahatan Seksual pada Anak
Diskusi berlangsung aktif dengan dipandu oleh 1 fasilitator dari Departemen Sospol  BEM UNJ dalam tiap kelompok. Selain diskusi untuk memahami isu yang diberikan, peserta juga diberi kesempatan untuk mempersiapkan sosio drama yang menggambarkan manajemen isu tiap kelompok.
5)      Sosio Drama
Selesai diskusi dan membagi peran untuk drama, tiap kelompok pun maju untuk menampilkan karyanya tersebut. Setiap penampilan diberikan komentar dan saran oleh para fasilitator guna memberikan pemahaman lebih jauh dalam mengelola manajemen isu. Ada pun urutan majunya ialah kelompok 3, kelompok 1,kelompok 4 dan terakhir kelompok 2. Dari drama ini, para peserta belajar bagaimana caranya memahami dan peka terhadap isu yang berkembang di masyarakat dan kemudian melakukan penelitian dan pengkajian sebelum akhirnya menginformasikan pada publik dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi.


6)      Penutup
Dengan berakhirnya sosio drama maka selesai lah rangkain PKMUNJ 2 Jilid 1 ini. panitia pun memberikan informasi tambahan untuk acara esok hari. Acara ditutup dengan doa yang khusyu’ dari panitia dan peserta.

PKM UNJ 2 Jilid 2
     Rangkaian PKM UNJ 2 jilid 2 berlangsung pada hari Minggu, 18 Juni 2017 di Aula Daksinapati Gedung FIP UNJ, Kampus A, Rawamangun Muka. Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan adanya pembukaan oleh MC, do’a, tilawah dan saritilawah. Meski dua hari berturut-turut acara berlangsung, peserta tetap antuasias dan aktif selama mengikuti jalannya acara. Sebab, perjalanan yang panjang ini pasti akan berbuah kebaikan dan menjadi kontribusi nyata.
     Berikut adalah rangkaian kegiatan dalam PKM UNJ 2 Jilid 2.



1)      Presentasi Hasil Kunjungan Kelompok
Bagi 14 kelompok lainnya yang belum presentasi hasil kunjungan, di sinilah waktunya panitia memberikan kesempatan untuk maju. 5 kelompok yang inisiatif maju di awal akan diberikan nilai tambahan sebagai apresiasi dari panitia. Namun, kelompok lain pun tak mau kalah, tetap maksimal dalam menyampaikan hasil kunjungannya ke kementerian dan juga ke BEM BSJB. Meski ada beberapa kelompok yang belum sempat kunjungan langsung ke bem atau ke kementerian, mereka tetap menyampaikan perkembangan atau progress yang telah dicapai sehingga pemaparannya tetap dapat dipahami oleh pserta yang lain. Presentasi berlangsung hingga jam istirahat,kemudian dilanjut sampai sekitar pukul 14.50 WIB.



2)      Diskusi Kelompok terkait Tata Kelola Kampus
Setelah selesai semua kelompok menyampaikan hasil kunjungannya, panitia membagi peserta dalam 4 kelompok diskusi secara acak. Diskusi dipandu oleh  1 orang fasilitator dari pengurus BEM UNJ. Tiap kelompok terdiri dari perwakilan kelompok 1-15 agar diskusi berjalan lancar dan mendapatkan isu yang akan menjadi pokok bahasan. Berikut adalah pelaksanaan diskusinya
-4 kelompok besar membentuk lingkaran
-Tiap perwakilan kelompok 1-15 dalam lingkaran tersebut menyampaikan hasil atau masalah dari tata kelola kampus yang sudah dibuatkan angket dan sudah dikunjungi
-Masalah-masalah tersebut dicatat oleh fasilitator
-Dari masalah-masalah tersebut, dikerucutkan menjadi 1 fokus yang akan dibahas
-1 masalah inti pun dibahas bersama dengan adanya tanggapan,kritik dan solusi dari para peserta dalam kelompok
-Selama pembahasan tetap dipandu oleh fasilitator dan dicatat oleh seorang notulen
-Hasil diskusi akan diberikan kepada Departemen Dalam Negeri BEM UNJ sebagai bahan kajian atas masalah internal kampus yang akan membantu dalam menemukan solusi untuk diajukan ke pihak kampus yang berkaitan.
3)      Pengumuman Tambahan dan Penutup
Dengan berakhirnya diskusi kelompok besar, maka selesailah rangkaian PKM UNJ 2 Jilid 2 ini. Di penghujung acara, panitia memberikan beberapa informasi tambahan terkait penugasan individu dan kelompok, timeline PKM UNJ 3 dan lain-lain kepada para peserta. Wajah-wajah siap untuk menanti PKM UNJ 3 pun semakin nampak. Namun, tetap harus menambah semangat dalam mempersiapkan segalanya demi kontribusi yang terbaik di rangkaian acara terakhir nanti. Acara pun ditutup dengan doa  bersama yang dipimpin oleh MC.

Sampai jumpa di PKM UNJ 3 J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar